-->

Cara Menangani Burung Tledekan Yang Sedang Stres

hobiku23 - Masalah yang terkadang dihadapi oleh para kicau mania yaitu burung tledekan mengalami stres. Jadi Anda harus segera melakukan cara menangani burung tledekan tersebut. Burung tledekan yang sedang mengalami stres biasanya akan mulai jarang berkicu dan kesehatannya yang menurun.

Jika stres, maka burung tledekan tidak dapat di ikutkan dalam kontes burung kicauan sementara. Jadi, Anda  harus tahu cara menangani burung tledekan stres agar burung tledekan Anda bisa normal kembali seperti sediakala.

Cara Menangani Burung Tledekan Yang Sedang Stres

Cara menangani burung tledekan yang srdang stres

Meletakan Burung Tledekan Di Tempat Sepi/Sendiri
Cara menangani burung tledekan yang sedang mengalami stres yaitu dengan meletakannya di tempat yang sepi/tersendiri. Sebab, pada umumnya burung tledekan stres karena memperoleh tekanan dari kicauan burung lain yang lebih gacor dan memiliki nada yang tinggi.

Agar mental burung tledekan bisa pulih lagi, maka sebaiknya Anda menaruhnya di tempat yang tidak terdapat burung kicauan atau mengasingkannya. Mengasingkannya ini dilakukan dengan tidak mempertemukannya dengan burung lain. Selain itu juga jangan memperdengarkan satupun bunyi kicauan burung lain. 

Mandi Malam
Cara menangani burung tledekan stres selanjutnya yaitu dengan menterapinya melalui memandikannya pada saat malam hari. Terapi penghilang stres dengan cara memandikan burung tledekan saat malam hari dilakukan agar burung dapat berkicau dengan rajin.

Ketika memandikan burung tledekan saat malam hari, sebaiknya diatur ulang kembali jadwal pemandian hariannya. Tujuannya agar burung jangan terlalu banyak mandi selama satu hari. Sedangkan untuk terapi memandikan di waktu malam ini dilakukan hanya sementara.

Ini dapat dilakukan selama satu atau dua minggu hingga burung tledekanstresnya hilang total. Kemudian, jadwal memandikan burung tledekan saat malam hari bisa dimulai antara pukul 7 hingga pukul 8 malam.

Sebaiknya Anda jangan terlalu malam untuk memandikannya yang dampaknya tidak baik untuk kesehatan burung tledekan tersebut. Selain itu, Anda bisa memberikannya pakan jangkrik dan kemudian Anda bisa mengkerodong sangkarnya dan juga meletakannya jauh dari jangkauan suara burung kicauan lainnya.

Pengembunan
Cara menangani burung tledekan stres juga bisa dilakukan denagn cara terapi pengembunan untuk mengembalikan semangatnya agar bisa rajin berkicau kembali. Pengembunan untuk terapi burung tledekan yang sedang stres dilakukan ketika matahari baru saja akan terbit sekitar pukul 5 pagi.

Sedangkan untuk masa pengembunan yang bisa dilakukan pada burung tledekan ini dianjurkan jangan terlalu lama. Anda bisa mengembunkan hanya sekitar setengah jam saja. Terapi pengembunan bisa dilakukan dengan meletakannya di depan teras rumah.

Bisa juga Anda menggantangnya di atas tiang besi atau dari bambu. Sesudah di embunkan, Anda dapat memberikan burung tledekan berupa berupa pakan jangkrik dan kroto yang tujuannya yaitu untuk menghangatkan suhu tubuh yang baru saja di embunkan.

Memberikan Pakan Tambahan Dan Vitamin
Cara menangani burung tledekan stres selanjutnya bisa dengan memberikannya pakan tambahan dan vitamin dengan porsi seimbang dan teratur. Memberikan pakan tambahan untuk burung tledekan atau burung sulingan ini dapat berupa jangkrik dan ulat Hongkong. Anda juga bisa memberikan kroto yang diberikan setiap dua gari atau tiga hari sekali agar tidak bosan.

Untuk cara menangani burung tledekan stres juga bisa dilakukan dengan pemberian multivitamin yang dapat diberikan secara langsung di teteskan pada mulutnya atau juga bisa mencampur pada air minumnya. Tujuannya yaitu untuk menstabilkan mental burung tledekan yang pernah mengalami stres dan menjadikannya berkicau kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menangani Burung Tledekan Yang Sedang Stres"

Post a Comment

"Terimakasih sudah mau mampir di blog sederhana ini, jika ada yang mau sobat tanyakan silahkan ketikan komentar sobat dibawah ini."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel