-->

Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Anis Merah

Penyakit burung anis merah- ya yang biasa dikeluhkan para pencinta burung berkicau adalah katarak mata. Penyakit  mata katarak pada burung kicau tetap saja ditakuti, karena jika burung terjangkit penyakit tersebut maka sulit disembuhkan. Apalagi katarak sudah menyerang ke selaput mata. Hampir dapat dipastikan, burung tersebut cacat seumur hidup. Karena itu penyakit burung anis merah yang mpaling ditakuti para hobis adalah katarak mata.

Meskipun penyakit katarak itu tidak berpengaruh terhadap suara burung, namun yang pasti harga jual burung tersebut ikut anjlok. Terutama jika burung yang terjangkit itu adalah burung jawara yang bernilai jutaan rupiah. Untuk menghindari penyakit burng anis merah seperti katarak, para sobat harus rajin-rajin memberi ektra fooding dan vitamin seperti jangkrik dan cacing.

Apa yang menyebabkan penyakit ini, menurut para penggemar burung sepakat penyebabnya adalah penjemuran yang salah. Burung yang terlalu lama di jemur diterik matahari panas, tidak boleh langsung dimasukan kedalam rumah. Apalagi jika si pemilik langsung mengkerodongkan burung itu sehabis dijemur. Akan terjadi gangguan pada mata burung itu. Jangkankan burung, orang saja matanya akan kabur jika setelah terkena terik matahari kemudian masuk kedalam rumah/ketempat yang agak gelap. Sebaiknya setelah burung dijemur harus di angin-anginkan dulu ke tempat yang agak terang sekitar 15 menitan, sehingga burung tidak kaget dan bisa menyesuaikan diri. Biasanya sinar matahari yang dari samping mudah sekali menjadi penyebab katarak pada burung. Sebab, burung anis merah matanya ada disamping. Hal itulah penyebab penyakit burung anis merah seperti katarak.

Penyakit yang sering menyerang burung anis merah
Burung anis merah katarak

Gejala penyakit burung anis merah seperti katarak

Gejala penyakit yang menyerang burung anis merah seperti katarak adalah bisa terlihat jika burung itu selalu berpaling jika dilihat dari dekat. Jika dilihat lagi, burung itu akan berputar di luar kebiasaanya. Kemudian pada matanya terlihat seperti berair yang jika disemprot air burung itu cepat panik dan seperti mau menabrak sangkarnya. Apabila kondisi seperti ini di abaikan atau tidak di obati, kejadian selanjutnya pada selaput matanya muncul titik putih itu melebar hingga keseluruh selaput matanya. Jika sudah terjadi demikian, mata burung yang sudah terkena katarak akan sulit untuk di obati. Awalanya yang terjangkit satu mata, kemudian satu tahun kemudian maka kedua matanya akan terjangkit penyakit ini. Jika matanya terlihat selalu berair disarankan secepatnya dicarikan obat matanya. Banyak obat mata yang berbentuk salep di apatek, bisa pake obat mata manusia.

Jika kondisi penyakit burung anis merah seperti itu harus cepat ditangani, kemungkinan besar untuk sembuh masih tinggi. Apalagi selaput mata yang terkena katarak belum pada titik putih, pasti bisa diatasi. Penyakit yang menyerang burug anis merah biasanya menyerang juga burung lain seperti anis kembang, hwa mei, dan cuak rowo. tetapi bukan berarti burung lainya terbebas dari penyakit itu. Bisa saja burung yang lainya mengalami nasib yang sama, jika tidak diperhatikan cara perawatan penjemurannya.

Burung yang terkena penyakit katarak memang tidak sampai mematikan, tetapi sangat mengganggu pengelihatannya. Cara lain yang bisa diambil untuk mengurangi peluang terkena penyakit burung anis merah seperti katarak yang lebih parah yaitu dengan jangan dijemur terlalu lama. setelah menjemur maka segera di angin-anginkan dulu, beri makanan bergiji dan minuman bervitamin. Jika kadar kataraknya belum parah, maka bisa dilakukan terapi dengan cara memberikan vitamin A. Namun bila belum sembuh juga bisa dibawa  ke dokter hewan untuk mendapatkan resep yang dapat membantu proses penyembuhan agar lebih cepat. Jenis obat yang diberikan umunya berbentuk salep yang di oleskan pada mata. Jika terapi tersebut belum juga membawa hasil maka alternatifnya adalah pergi ke dokter hewan untuk dilakukan operasi selaput mata.

Penyebab Penyakit Burung Anis Merah
  • Kelainan sejak usia kecil, dimana sejak anakan sudah terserang penyakit tersebut.
  • Trauma atau luka akibat matanya dipatuk burung lain.
  • Bakteri atau virus.
  • Infeksi akibat terserang penyakit lain.
  • Terlalu lama dijemur.
  • Makanan yang diberikan kurang mengandung vitamin hingga daya tahan tubuhnya kurang bagus.
Demikian artikel ini saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk para sobat hobiku...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Anis Merah"

Post a Comment

"Terimakasih sudah mau mampir di blog sederhana ini, jika ada yang mau sobat tanyakan silahkan ketikan komentar sobat dibawah ini."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel