-->

Penyebab Burung Kacer Ngelantai Dan Cara Penanganannya

Ok sobat hobiku23.blogspot.com. Kali ini kami akan memberikan tips tentang burung kacer yang sering main dibawah/lantai. Penyebab & penanganannya akan kami paparkan disini, berikut ulasannya:
Cara penanganan burung kacer ngelantai



•Penyebabnya
Pertama dari pengkerodongannya yang kurang rapat. Jika kerodong kurang rapat apalagi ukuran kerodongnya kurang panjang kebawah & kurang melebihi ukuran kandang itu sendiri, burung kacer akan turun untuk mengintip/ingin melihat keluar lewat celah kerodong entah itu mau cari-cari suara burung lain atau cari makan...

Pemberian EF yang sesuai porsi & menggunakan tempat yang agak besar, agar EF tidak jatuh kebawah. Jika kroto atau jangkrik sampai jatuh ke bawah akan membuat kebiasaan burung kacer turun dari tangkringan.

Hindari pemberian jangkrik dengan cara dilempar dari bawah, ini juga akan membuat burung kacer dengan sendirinya akan turun dari tangkringan untuk mengambil jangkrik yang dilempar jatuh di lantai sangkar itu.

Jangan dibiasakan dimainkan pakai tangan/dicetrekkan, ini akan membuat kacer cenderung ngadu tangan, setiap dicetrekkan kacer langsung bereaksi seperti ngadu, & begitu melihat ada orang akan mendekat & turun dari tangkringan.

Sebaiknya burung kacer jangan dibuat jinak jika memang belum terlanjur jinak.


•Penangananya
Tretment karet gelang. Ya tretment ini sudah banyak digunakan oleh para kicau mania termasuk saya sendiri dalam hal ini. Berikut caranya: Siapkan beberapa karet gelang, potong jadi memanjang, sambung 2 karet jadi satu bila perlu, lalu dibentangkan didasar sangkar, buat dengan jarak setiap 2 cm/langkah 1 jeruji sangkar. Jadi bila burung kacer turun dia akan naik lagi karena kaget & gak betah dengan ranjau karet yang kita buat itu didasar sangkar, jadi mau gak mau dia harus naik lagi.
Penyebab burung kacer ngelantai

Jangan selalu menyalahkan burung kacernya, siapa tahu kandang kurang nyaman & tangkringan juga kurang Ok buat kacer itu sendiri. Bagaimana posisi tangkringan? Menyilang atau trap? Kalau yang saya terapkan sendiri, sangkar saya kasih tangkringan model piramid, yaitu dibawah 2 tangkringan depan belakang, & satu tangkringan diatas. Ditengah-tengah, kurang lebih jadi piramid atau segitiga, jadi melihat kebiasaan burung kacer yang suka naik turun. Bisa juga disilangkan atau tergantung karakter burung kacernya. Jangan lupa tangkringan harus cocok buat kacer, yaitu diameter yang pas buat cengramannya.

Demikianlah uraian diatas kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat buat sobat hobiku23 semua. Salam Kicau Mania, sukses selalu ya.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Kacer Yang Bagus Dan Berkualitas
                >>Mengatasi Burung Kacer Cabut Bulu Ekor

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Burung Kacer Ngelantai Dan Cara Penanganannya"

Post a Comment

"Terimakasih sudah mau mampir di blog sederhana ini, jika ada yang mau sobat tanyakan silahkan ketikan komentar sobat dibawah ini."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel