-->

5 Penyebab Ekor Burung Murai Tidak Tumbuh Sempurna

Ekor Burung Murai Tidak Kunjung Panjang? Ini dia penyebabnya.

Ekor pada burung murai batu merupakan alat vital yang wajib dimilikinya bukan hanya sebagai ciri khas yang mempunyai ekor panjang namun sebagai penyeimbang dalam tubuhnya, apalagi saat bersuara merupakan penyeimbang yang sangat dibutuhkan & juga sebagai keindahan keserasian pada burung murai itu sendiri.

Penyebab ekor burung murai tidak tumbuh sempurna



Banyak dari para sobat kicau mania yang mengeluh dengan ekor burung murai batu yang dimilikinya tidak kunjung panjang hingga membuat burung murai batunya menjadi kurang eksotis dengan ekor yang pendek, soal ekor burung murai batu yang tidak kunjung panjang ada beberapa penyebabnya yang membuat burung ekor murai batu tidak tumbuh maksimal, berikut ulasanya :

1. Pakan yang tidak tepat
Burung memerlukan asupan nutrisi yang baik untuk kesehatannya. Makanan yang mengandung nutrisi & protein yang baik dapat membantu proses pertumbuhan bulu (terutama ekor). Jika kita memberikan pakan yang kandungan gizinya tidak baik sebelum proses mabung, maka akan berakibat ekor burung murai batu jadi tidak memanjang serta tipis.

2. Suhu Udara Terlalu Panas
Suhu udara yang terlalu panas juga dapat mempengaruhi pendeknya ekor burung murai karena zat lilin yang berada pada pangkal bulu ekor menjadi kering & keras. Maka sangat disarankan agar jangan menjemur burung pada saat matahari terik atau langsung brhadapan dengan sinar matahari.

3. Dicabut secara paksa
pencabutan bulu dengan cara paksa pada ekor dapat mengakibatkan pertumbuhan bulu ekor tidak sama panjang ukurannya.

4. Murai dalam kondisi stress
Stress pada burung juga bisa membuat ekor murai tidak panjang paska mabung. Kondisi stress ini biasanya sering terjadi pada burung murai batu yang baru pertama kali mengalami mabung.

5. Bertemu burung sejenis
Para sobat kicau mania tentunya tahu burung murai batu termasuk burung fighter, sifat fighternya akan muncul saat mendengar suara burung murai batu lainnya atau bahkan sampai di track di lapangan pada saat bulu ekor belum tumbuh sempurna itu akan menghambat pertumbuhannya karena burung murai batu pada saat bertempur akan memainkan ekornya, dengan memainkan ekor sebelum tumbuh sempurna akan menghambat pertumbuhannya.


Ya, itulah beberapa penyebab ekor burung murai batu tidak tumbuh sempurna, semoga artikel di atas ini dapat bermanfaat untuk para sobat semua & dapat menjadi bahan pertimbangan untuk tidak melakukan hal diatas. Salam hobiku untuk sobat semua, trimakasi...


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Penyebab Ekor Burung Murai Tidak Tumbuh Sempurna"

Post a Comment

"Terimakasih sudah mau mampir di blog sederhana ini, jika ada yang mau sobat tanyakan silahkan ketikan komentar sobat dibawah ini."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel